Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membuat Film Pendek bagi Kamu yang Baru Mau Belajar

5 Tips Membuat Film Pendek bagi Kalian yang Baru Mau Belajar
Ingin membuat film pendek tapi belum tau gimana cara mulainya? Berikut tips untuk membuat film pendek yang menarik bagi pemula! Gambar: pexels.com

Halo Sobat Barbar! Di Baraya Tips kali ini, baraya bros akan memberikan beberapa tips buat kamu yang mau membuat film pendek, tapi masih bingung cara untuk memulainya.

5 Tips Membuat Film Pendek bagi Pemula

Tips membuat film pendek kali ini terdiri dari lima poin yang harus kamu perhatikan. Sudah mulai penasaran? Langsung aja kita cus!

1. Durasi

Durasi Film Tips Membuat Film Pendek
jadiberita.com

Tips membuat film pendek yang pertama adalah kamu harus menentukan durasi film yang akan dibuat sebelum menulis ide dan perancangan story.

Mengapa demikian? Karena tidak semua film yang disebut film pendek memiliki cara penceritaan yang sama.

Film berdurasi satu sampai lima menit adalah film pendek, tapi cara pembawaan cerita yang disampaikan bisa sangat berbeda. Maka dari itu, tentukanlah durasi film yang akan kamu buat sebelum menulis ide cerita.

2. Story

Scripting Tips Membuat Film Pendek
freshmenscreenplay.com

Tips membuat film pendek yang kedua adalah mengenai perancangan ide cerita.

Cerita yang kamu buat harus sesuai dengan durasi film yang sudah kamu tentukan. Seperti yang sudah dikatakan pada tips pertama, film satu menit tidak sama dengan film lima menit.

Dalam film satu menit, tidak mungkin kamu memberikan latar belakang karakter. Sobat Barbar harus fokus langsung kepada inti cerita tanpa bertele-tele. Intinya, kamu harus menyesuaikan cerita yang dimiliki dengan durasi yang sudah ditentukan.

Ada satu hal juga yang perlu kamu ketahui. Jangan menyamakan struktur cerita film panjang dengan film pendek karena film pendek bukanlah film panjang yang dipendekkan dan film panjang bukan film pendek yang dipanjangkan.

Film pendek memiliki kebebasannya tersendiri. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai macam gaya penceritaan. Dengan kebebasan itu, pastinya kamu harus membuat cerita menjadi seunik mungkin dan beda dari yang lain.

3. Karakter dan Talent

Karakter dan Talent Tips Membuat Film Pendek
freshmenscreenplay.com

Tips membuat film pendek yang ketiga adalah kekuatan karakter dan talent yang memerankannya.

Dalam membuat film dengan durasi pendek, kamu harus memiliki pendalaman karakter dalam penceritaan. Bukan karena film pendek, jadi tidak mementingkan kekuatan karakter.

Karakter dalam film harus bisa memiliki tujuan dan hambatan yang menghalangi karakter dalam mencapai tujuannya.

Hal penting lainnya adalah three dimensional character (3D Character). Dalam 3D character, seorang tokoh akan dianalisis melalui sisi fisiologis, sosiologis, dan psikologis yang akan menentukan sikap serta perilaku tokoh di dalam film nantinya.

3D Character ini juga yang akan berpengaruh terhadap konsistensi dari apa yang akan dilakukan dan dikatakan oleh si tokoh.

Setelah membuat karakter, kamu pastinya memerlukan talent yang sesuai dan mampu dalam memainkan tokoh tersebut.

4. Lokasi

Lokasi Film Tips Membuat Film Pendek
pantainesia.com

Tips membuat film pendek yang keempat adalah dalam hal memilih lokasi.

Kita bisa memberi nilai plus ke dalam suatu film dengan menggunakan lokasi yang bagus dan juga cocok dengan penceritaan.

Tentunya, kamu juga harus memperhatikan izin yang diperlukan untuk menggunakan lokasi. Carilah pihak-pihak yang bisa kamu hubungi yang berkenaan dengan lokasi dan lakukan kesepakatan dengan mereka.

Pada hari syuting tiba, pastikan kamu telah mengantongi izin dari pihak yang bersangkutan dan tidak akan ada yang mengganggu proses syuting berjalan.

5. Equipment

Film Equipment Tips Membuat Film Pendek
wallpaperflare.com

Untuk film pendek, cobalah memulai dengan equipment sederhana yang seadanya, seperti kamera dan tripod. Bahkan, kamu bisa merekam hanya dengan menggunakan tangan sendiri atau biasa disebut handheld.

Kamera handphone juga bisa menjadi salah satu *peralatan terbaik untuk mulai membuat film yang tentunya harus didukung dengan kualitas audio dan juga cerita yang baik.

Mulailah dengan shot yang statis. Tidak perlu menggunakan banyak pergerakan jika tidak mendukung penceritaan.

Jangan menyulitkan diri sendiri dengan memakai equipment mahal dan rumit yang bahkan kamu belum tahu cara kerjanya karena itu akan menghambat pengerjaan film serta membuat anggaran produksi membengkak.

Demikian tips membuat film pendek dari baraya bros, semoga bermanfaat! Sampai bertemu di Baraya Tips berikutnya!

Adriyanto Lesmana
Adriyanto Lesmana Seorang pria yang menyukai film dan suatu saat nanti akan sering membuat film yang bakal kalian suka. Amin.

Posting Komentar untuk "5 Tips Membuat Film Pendek bagi Kamu yang Baru Mau Belajar"