Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Film Parasite (2019): Salah Satu Film Terbaik di Tahun 2019

Family Review Film Parasite 2019 Bahasa Indonesia
Film Parasite karya Bong Joon Ho merupakan salah satu film terbaik Korea di 2019. Selengkapnya, baca review film Parasite yuk! Gambar: Parasite (2019), Hong Kyung-pyo, Director of Photography

Hai Sobat Barbar! Berjumpa lagi dalam Baraya Review, baraya bros akan mengulas salah satu film terpopuler di 2019, yakni Parasite. Parasite merupakan film Korea Selatan yang disutradarai oleh Bong Joon Ho. Film ini merupakan film yang sangat brilian!

Review Film Parasite (2019)

Bong Joon Ho terkenal atas filmnya yang berbahasa Inggris, seperti Snowpiercer dan Okja. Namun, filmnya yang berbahasa Korea, seperti Mother, The Host, Memories of Murder merupakan film yang membuat dia dipandang sebagai sutradara yang luar biasa. Dari semua filmnya, Parasite mungkin menjadi film terbaiknya.

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga miskin yang tinggal di sebuah basement, di mana kemudian mereka mengambil sebuah ketertarikan kepada sebuah keluarga kaya setelah mengambil sebuah tawaran kerja dari keluarga tersebut.

Teknis Film yang Terlihat Sederhana, tetapi Penuh Makna

Teknis Film Sederhana Penuh Makna Review Film Parasite 2019
Parasite (2019), Hong Kyung-pyo, Director of Photography

Bong Joon Ho merupakan sutradara terkenal atas film yang sangat teknis dan di film Parasite, banyak hal teknis yang menonjol dari film ini. Banyak shot yang menarik perhatian, baik dalam komposisi dan framing. Pergerakan kamera juga membantu film untuk terlihat lebih indah dan unik.

Editing film yang baik ikut membuat film Parasite menjadi lebih energetik, seru, dan mudah untuk dipahami. Set yang terlihat di film terasa nyata. Padahal, hampir semua set dibangun sendiri oleh tim produksi. Rumah-rumah yang ada di film ini dibangun sendiri. Ada beberapa bagian juga yang memakai teknologi CGI.

Permainan Peran yang Apik

Stone Review Film Parasite 2019 Bahasa Indonesia
Parasite (2019), Hong Kyung-pyo, Director of Photography

Kemudian, akting-akting para aktor juga sangatlah mempesona. Bisa dibilang seperti perilaku manusia asli di dalam film dokumenter. Termasuk juga akting aktor cilik yang kadang bisa menggangu film. Namun, aktor cilik di film ini juga berakting dengan sangat baik.

Seperti film Bong Joon Ho yang lain, film ini juga merupakan campuran dari banyak genre film, seperti komedi, drama, cerita seru, dan aksi. Semua genre tersebut menyatu dengan baik membuat Parasite sama sekali tidak akan membuat kamu bosan saat menontonnya.

Lapisan Cerita yang Padat

Parasite juga mempunyai sturuktur cerita yang gila dengan layer yang berlapis-lapis. Cerita tidak hanya terbilang dari kata-kata karakter, namun juga dari visual film. Kedua elemen ini bahu-membahu dalam membangun skenario film.

Dalam lapisan awal, Parasite merupakan sebuah petualangan yang dibumbui dengan komedi, drama, dan thriller. Namun, di dalamnya, Parasite menjadi sebuah platform sebagai komentar akan kehidupan sosial di Korea dan jenjang sosial yang terbangun atas hubungan mereka.

Selain itu, kepintaran dan kekuatan film juga terbangun dari bagaimana cerita yang disampaikan bisa dirasakan dan direnungkan oleh penonton.

Simbol-Simbol yang Dalam

Downstair Review Film Parasite 2019 Bahasa Indonesia
Parasite (2019), Hong Kyung-pyo, Director of Photography

Film ini juga dibumbui oleh banyak simbolisme yang berada di seluruh film. Baik dari kata-kata yang diujarkan, perilaku mereka, hal yang dipakai dan juga posisi rumah masing-masing keluarga. Dengan semua elemen ini, film ini sangat sayang untuk dilewatkan!

Jika mengungkit kekurangan film Parasite, secara personal terletak di ending film. Di mana film ini bermain dengan kata dan mata, tetapi di bagian akhir terkesan terlalu banyak kata-kata. Walaupun ada secuil kekurangan tersebut, film ini masihlah sangat luar biasa.

Saat kita mulai melihat, kita mengira bahwa kita akan menonton film yang steriotipikal. Namun, Parasite tiba-tiba berubah menjadi sebuah film lain yang seru dan tak terbayangkan.

Pada bagian ending, kita juga seakan diberi pertanyaan akan inti dari film ini, tentang siapakah yang merupakan parasit yang sebenarnya. Dengan segala kalimat yang sudah tertulis, sangatlah sulit untuk melupakan Parasite sebagai salah satu film terbaik tahun 2019.

Parasite Memenangkan Penghargaan Oscar
theatlantic.com

Jika Sobat Barbar masih tidak percaya akan kehebatan film ini, lihat saja penghargaan yang Parasite menangkan. Best: Picture, Screenplay, Director, dan International Feature Film merupakan kategori yang film ini menangkan di Academy Awards terakhir.

Belum juga Palme D'Or dari Cannes Film Festival, yaitu penghargaan untuk film terbaik dari salah satu festival film yang paling terkenal di dunia.

Sekian Baraya Review dari kali ini. Tunggu review film dari baraya bros lainnya!

Steven
Steven Pengen nulis, nonton, ama tidur. Tapi bisanya kritik film yang ditonton

Posting Komentar untuk "Review Film Parasite (2019): Salah Satu Film Terbaik di Tahun 2019"